Penggunaan Fitur "Filter" pada Microsoft Excel versi 2016




Membuat sebuah dokumen yang memuat puluhan bahkan ribuan data bukan lagi hal sulit untuk dilakukan dewasa ini. Kemajuan teknologi yang berangsur signifikan tiap tahunnya adalah salah satu alasannya. Diantara bentuk dari kemajuan teknologi  tersebut dapat dibuktikan dengan munculnya berbagai aplikasi yang berbasis pengolahan data seperti Ms. Excel (singkatan dari Microsoft Excel) misalnya. Satu dari banyaknya fitur andalan yang dimiliki Ms. Excel dalam mengolah data sebuah dokumen yakni fitur "filter". Fitur satu ini sangat membantu dalam memfilter atau menyaring komponen data tertentu dari sekian banyak data yang ada.
Cara penggunaan fitur filter akan dijelaskan sebagai berikut, 


**Contoh kasus : Menyaring (memfilter) data siswa yang membawa buku dengan jumlah kurang dari 4 buah


Siapkan terlebih dahulu data yang diinginkan, kemudian blok seluruh kolom yang berisi data lalu klik menu "Format as Table" yang berada di grup Styles pada tab Home. Pilih gaya tabel sesuai keinginan

setelah itu akan muncul tab berikut lalu centang keterangan "My table has headers" dan klik "ok". Setelahnya Fitur filter akan otomatis terbentuk.


klik tanda panah yang ada di samping kolom header (Field) yang ingin difilter, tindakan tersebut akan menampilkan menu seperti pada gambar di bawah




Ada 2 cara yang bisa digunakan untuk memfilter data,


CARA PERTAMA 

⤁Arahkan kursor ke teks yang bertuliskan "Number Filters" kemudian akan muncul beberapa pilihan. Pilih yang bertuliskan Less Than



⤁Isi jumlah yang dikehendaki







⤁Klik OK









CARA KEDUA

⤁Saring data dengan mencentang beberapa pilihan di bawah menu search setelah menekan tanda panah di samping Field




Kedua cara tersebut akan menampilkan data hasil filtrasi yang sama


Selamat mempraktikkan! 

Comments

Popular Posts